Saat ini e-commerce dan perubahan lainnya telah mempengaruhi cara bagaimana gudang beroperasi. Gudang modern menjadi lebih besar dari sebelumnya dan beroperasi secara berbeda dari biasanya. Ini dapat berarti hadir lagi sejumlah besar masalah logistik bagi banyak perusahaan.
Tantangan yang dihadapi merek anda dalam logistik gudang mungkin merupakan hal yang umum dan anda tidak sendirian. Dalam panduan ini, kami akan membahas beberapa tantangan pergudangan yang paling umum, dan bagaimana cara mengatasinya.
Mengenai Logistik Logistik?
Jika anda ingin memahami logistik gudang, anda harus terlebih dahulu mengetahui apa arti logistik secara umum.
Cara paling sederhana untuk mendefinisikan logistik adalah sebagai detail yang melekat dalam mengatur, mengelola, merencanakan, dan mengimplementasikan operasi yang rumit. Di sejumlah industri, seperti industri pergudangan, logistik juga mencakup cara informasi dan arus barang fisik.
Logistik gudang benar-benar mengacu pada seluruh ruang lingkup faktor-faktor rumit yang terlibat dalam proses pergudangan.
Logistik mungkin mencakup hal-hal yang beragam seperti pengendalian hama, kebijakan keamanan, penanganan barang yang rusak, manajemen SDM, layanan pelanggan, dan banyak lagi.
Kenapa Muncul Tantangan di Logistik
Banyak tantangan logistik di gudang berkaitan dengan organisasi. Bagaimana mungkin mengontrol setiap detail operasi di gudang besar?
Mungkin tampak mustahil, tetapi itu perlu – dan itu tidak benar-benar mustahil. Di gudang, staf harus dapat menemukan dengan tepat di mana persediaan barang tertentu disimpan, karena barang-barang tersebut mungkin rusak, dikembalikan, atau ditarik kembali, misalnya. Informasi ini sangat penting untuk menjaga semuanya berjalan lancar dan mendapatkan keuntungan mengalir masuk. Tapi itu tidak mudah didapat.
Agar logistik berjalan dengan baik, anda memerlukan strategi dan alat yang tepat. Memenuhi tantangan ini berarti menjadi cukup fleksibel untuk mengalahkan persaingan, sementara juga memenuhi harapan pelanggan, dan banyak lagi.
Mengelola gudang bukanlah tugas yang mudah, terutama karena e-commerce berarti pesanan yang tampaknya tumbuh dari hari ke hari. Mari kita lihat beberapa tantangan teratas yang dihadapi di gudang hari ini, dan strategi untuk mengatasinya.
1. Inventarisasi yang tidak akurat
Keberhasilan logistik gudang bergantung pada inventarisnya. Jika anda tidak dapat mengetahui inventaris lengkap anda, anda mungkin kehabisan stok pada saat yang buruk, atau menyimpan terlalu banyak stok sebagai gantinya.
Jelas kenapa kehabisan barang dapat menimbulkan masalah. Namun, menyimpan terlalu banyak sesuatu juga dapat menimbulkan masalah. Hal ini mengurangi jumlah arus kas yang dapat bergerak melalui gudang dan menambah biaya karena kelebihan stok semakin terbawa.
Namun, kekurangan persediaan jelas merupakan masalah yang lebih buruk. Jika anda tidak memiliki stok barang saat dipesan, anda akan mengalami keluhan pelanggan karena pesanan tidak terpenuhi. Mungkin sulit untuk mengubah reputasi merek anda begitu terjadi pada beberapa pelanggan.
Alat modern dapat membantu inventaris tetap akurat. Jika anda tidak menggunakan perangkat lunak untuk melacak inventaris anda, anda akan menemui ketidakakuratan yang jauh lebih sering.
2. Lokasi Inventaris yang sulit
Ketika pengawasan persediaan tidak mencukupi, segala sesuatunya menjadi lebih tidak efisien. Ketidakefisienan itu menghasilkan operasi yang lebih lambat dan biaya yang lebih tinggi.
Jika anda tidak tahu di mana inventaris anda – bahkan jika anda tahu bahwa anda memilikinya akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengirimkan barang setelah mereka dipesan. Waktu terbuang sia-sia untuk menemukan hal yang tepat untuk dikirimkan kepada pelanggan.
Proses pemuatan kemudian melambat, penjadwalan terlempar, dan lebih banyak masalah muncul. Logistik gudang beroperasi dalam keseimbangan yang rumit, dan satu masalah dapat membuang banyak bidang lainnya.
Perangkat lunak yang disebutkan di atas juga dapat berguna untuk melacak lokasi persediaan. Pastikan semua karyawan anda ada di papan dengan memperbarui informasi yang diperlukan jika barang dipindahkan, dan membuat informasi mudah diakses untuk semua orang yang membutuhkannya.
3. Tata Letak Gudang Buruk
Pemanfaatan ruang adalah salah satu hal terpenting dalam sebuah gudang. Apakah tata letak gudang anda membantu atau melukai?
Memiliki ruang bukanlah masalahnya. Banyak gudang cukup besar untuk tugas itu. Namun, mereka mungkin merasa lebih kecil atau kurang terorganisir karena ruang tidak digunakan dengan bijak. Ketika anda mengoptimalkan ruang itu, Anda akan mengurangi tenaga kerja yang tidak perlu.
Misalnya, simpan inventaris yang sering menjual dan bergerak cepat di dekat bagian depan gudang. Dengan begitu, angkat pengemudi tidak perlu pergi jauh-jauh ke belakang gudang untuk sesuatu yang sering mereka ambil.
4. Proses Berulang
Penting untuk menjaga semuanya tetap teratur dan terperinci. Namun, juga mungkin untuk mengambil tindakan terlalu jauh dan membuat proses berulang berlebih yang tidak melayani gudang.
Misalnya, anda mungkin menemukan bahwa dokumentasi seperti tiket pengambilan semakin dilalui oleh lebih banyak tangan daripada yang diperlukan. Tidak hanya ini berulang, tetapi juga menciptakan lebih banyak ruang untuk kesalahan. Cara yang baik untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan menggunakan teknologi kode batang, sehingga informasi dilampirkan ke item dan tersedia bagi siapa saja yang menanganinya.
5. Memilih Itu Tidak Dioptimalkan
Akhirnya, apakah proses pengambilan anda dioptimalkan?
Jika proses manual masih ada di gudang anda, sering kali tidak ada rute reguler yang diambil saat barang diambil untuk dikirim. Ini mengarah pada metode membingungkan yang berubah bergantung pada siapa yang bekerja hari itu.
Hindari menambahkan waktu ekstra dengan proses pengambilan yang tidak dioptimalkan. Sederhanakan dan otomatisasi sebanyak yang anda bisa, dan anda akan kagum dengan bagaimana logistik gudang anda meningkat.
Siap untuk Meningkatkan Logistik Gudang anda?
Dunia pembelian, penjualan, dan pengiriman telah berubah. Jika logistik gudang anda belum berubah, semuanya bisa cepat menjadi kacau dan tidak efisien.
Menerapkan strategi ini untuk mengatasi masalah logistik anda akan menghemat waktu, uang, dan upaya selama proses mendapatkan barang kepada pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *